Pedoman / Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)jenjang PAUD, SMP dan SMA/SMK tahun 2024


Cabdin2sulbar.id - Dalam waktu dekat, satuan pendidikan akan melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 yang merupakan kegiatan pertama bagi peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru bahwa dalam MPLS perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik.

Kemendikbudristek telah engeluarkan Surat Nomor : 19012/A.J4/PK.01.01/2024 perihal : Masa Pengenalan Lingkungna Sekolah Tahun Ajaran 2024/2025. Dimana satuan Pendidikan mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK akan memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, dimana kegiatan  awal satuan Pendidikan akan melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungna Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2024/2025. 



Sejalan dengan hal tersebut, serta dalam rangka implementasi pencegahan kekerasan sebagai mandat Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP) dan implementasi Sehat Jiwa sebagai salah satu  fokus dalam Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS), Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyediakan panduan sosialisasi PPKSP pada saat pelaksanaan MPLS, untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua, melalui materi yang sederhana dan efektif sehingga dapat digunakan di setiap jenjang.

Dengan kata lain Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Siswa ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Sekolah yang dimaksud seluruh sekolah yang dari SD, Sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat baik berstatus sekolah Negeri maupun Swasta. Materi /panduan MPLS ini dapat didownload melalui tautan berikut :  http://bit.ly/panduanmpls-ppksp

Tujuan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Bentuk beradaptasi siswa baru dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai siswa baru. 
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan Pendidikan karakter di Indonesia.
  6. Kegiatan MPLS bagi Siswa Baru ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini hanya pada jam pelajaran. Pengecualian Sekolah yang memiliki asrama dengan terlebih dahulu melaporkan kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya.

        Linimasa Aktivitas

Aktiitas

Durasi

Mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking

10 Menit

Mengajak peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, berkebhinekaan, dan aman bagi semua

25 Menit

Mengajak siswa untuk menontong bareng film pendek pencegahan kekerasan

20 Menit

Memainkan permainan Mitos dan Fakta

5 Menit

Mengembangkan komitmen dan harapan melalui Kotak Harapan

15 Menit

Memasang Poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di Sekolah

15 Menit

Melakukan Deklarasi Anti kekerasan

30 Menit

Sebarkan Aksimu melalui kampanye di Media Sosial

15 menit

Aktivitas kreatif ini dapat dilakukan secara berurutan dalamwaktu 135 menit (3 JP)

Post a Comment for "Pedoman / Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)jenjang PAUD, SMP dan SMA/SMK tahun 2024"