Hadir Di Musrenbang , Pj. Gubernur Sulbar Juga Resmikan Gedung SMA/SMK di Kabupaten Mamuju Tengah

Foto Pj. Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakhrulloh bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kepala Bappeda Kab. Mateng serta Kadis Pendidikan Sulbar

Cabdin2sulbar.id  Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun 2025, Kamis (14/3/2023).

Musrenbang yang berlangsung di aula kantor Bupati Mateng tersebut dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh dan kepala OPD lingkup Pemprov Sulbar.

Hadir juga Ketua DPRD Mateng, DR. H. Arsal Aras, Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Kepala Bappeda Mateng, Litha Febriani, Kepala OPD lingkup Pemkab Mamuju Tengah, tokoh masyarakat, pemuda, agama, forum anak, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, MKKS SMA Kabupaten Mamuju Tengah dan tamu undangan lainnya.

Dihadapan Pj Gubernur Sulbar, Arsal menyampaikan, sebelum dilaksanakan Musrenbang tingkat Kabupaten, sudah dilaksanakan Musrenbang tingkat Dusun dan kecamatan, sehingga program program dari desa sudah mengerucut ke Kabupaten bahkan ke provinsi.

“Mana yang bisa dibiayai oleh desa, mana yang bisa dibiayai oleh kabupaten dan mana yang bisa dibiayai oleh provinsi. Tapi sepertinya banyak yang tidak mampu dibiayai oleh kabupaten sehingga kita akan dorong ke provinsi bahkan pusat,” kata Arsal.

Dihadapan peserta musrembang, Penjabat Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh berharap tim evaluator APBD Provinsi dan Kabupaten serta TAPD Provinsi dan Kabupaten dapat duduk bersama untuk menyamakan frekuensi terkait  perencanaan penganggaran dan program 2025. 

Zudan menjelaskan, RKPD kabupaten dan provinsi harus saling menunjang dan saling berkaitan, misalnya program dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kabupaten dan provinsi dapat bersama sama meningkatkan persentase peserta didik yang lulus masuk perguruan tinggi negeri, membangun kultur masyarakat terpelajar, 

Foto Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2, Jamal Abdullah S.Sos

Dia menjelaskan, tiga faktor dalam mendorong Indesk Pembangunan Manusia supaya cepat meningkat, karena inilah yang paling mendasar di dalam sisi hidup kita, pertama orangnya sehat, yang kedua orang cerdas dicerminkan dengan pendidikan yang tertinggi dan yang ketiga orangnya dompetnya tebal  itu aja, duitnya banyak.

Melalui kesempatan itu, Zudan juga mengajak Pemkab Mamuju Tengah mendorong branding melalui pemberdayaan seluruh ASN. Salah satu yang dapat dibranding bersama adalah mendorong program toilet bersih di setiap tempat tempat pelayanan publik dan kantor-kantor pemerintah kabupaten. 

Diakhir acara Pj Gubernur Sulbar menandatangani prasasti atas selesai pembangunan DAK SMA/SMK tahun 2023 yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah yang diwakili oleh 2 sekolah yaitu : SMK Negeri 1 Tobadak dan SMK Swasta Keperawatan Al-Mubarak Topoyo.

Foto Pj. Gubernur Sulbar bersama Wakil Bupati Mateng dan MKKS SMA Kab. Mateng


Post a Comment for "Hadir Di Musrenbang , Pj. Gubernur Sulbar Juga Resmikan Gedung SMA/SMK di Kabupaten Mamuju Tengah"