LAYANAN GAJI BERKALA GURU SECARA ONLINE


cabdin2sulbar.id - Pada era persaingan bebas seperti saat ini, kecepatan pengolahan dan penyampaian informasi memiliki peran yang sangat penting bagi setiap instansi, terutama instansi yang memiliki tingkat rutinitas yang tinggi dan memiliki banyak data yang harus diolah. Banyaknya data maupun informasi yang harus diolah tentu tidak memungkinkan dilakukan semua dengan menggunakan cara konvensional. Pengolahan data yang jumlahnya sangat banyak memerlukan suatu alat bantu yang memiliki tingkat kecepatan perhitungan dan penyampaian data yang tinggi. Alat bantu tersebut berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perkembangan teknologi dan ilmu informatika yang sangat pesat mendorong masyarakat baik kelompok maupun perorangan, instansi pemerintah maupun swasta, untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu informatika tersebut. Keunggulan komputer dalam memproses data akan meningkatkan efektifitas, produktifitas, serta efisiensi suatu aplikasi.

KENAIKAN GAJI BERKALA

Kenaikan gaji berkala atau disingkat KGB merupakan salah satu program pemerintah dalam menaikkan gaji untuk meningkatkan daya dan hasil guna serta kesejahteraan PNS yang telah mencapai masa kerja golongan yaitu setiap dua tahun sekali dan telah memenuhi persyaratan sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Kenaikan gaji berkala harus diberikan tepat waktu karena pegawai telah bekerja dan memberikan waktu, pikiran dan tenaga serta keterampilannya kepada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. PNS berhak memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai beban pekerjaan dan tanggung jawabnya.

Dapat dibayangkan betapa kurang efektif dan efisien pembuatan surat kenaikan gaji berkala yang masih dilakukan secara manual dengan diketik satu-persatu dan berulang-ulang melalui software pengolah kata dan disimpan di komputer staf informasi dan dokumentasi kepegawaian. Sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan pada surat kenaikan gaji berkala dan adanya surat yang hilang ketika terjadi permasalahan pada komputer tersebut.

Mengingat banyaknya jumlah ASN di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat total pengawai 3.110 orang yang tersebar di 6 Kabupaten ( Mamuju, Majene, Polewali Mandar, Mamasa, Pasangkayu dan Mamuju Tengah),  yang mana harus ditangani oleh Kasubag Kepegawaian Dinas  untuk membuat kenaikan gaji berkala sering terjadi keterlambatan. Faktor penyebabnya dikarenakan sulit mencari data PNS dan memakan waktu pekerjaan di bidang informasi dan dokumentasi kepegawaian yang memiliki tugas mengumpulkan, menghimpun, dan mengolah data. Selain itu, jarak tempuh yang jauh antara sekolah  PNS ke Kantor Dinas Pendidikan membuat pegawai terlambat menyerahkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pengusulan kenaikan gaji berkala. Kesalahan dan keterlambatan dapat menyebabkan kerugian bagi pegawai maupun instansi itu sendiri.

Dalam  melakukan  penghitungan  kenaikan  gaji berkala  masih  secara  manual  yang dilihat  dari  SK dan KGB teakhir,  lembar  penjagaan  kenaikan  gaji  berkala, kemudian melihat data Peraturan Pemerintah tentang gaji  berkala.  Sistem  pengajuan  kenaikan  gaji memiliki  beberapa  kelemahan,  yaitu:  

  1. Menyita banyak  waktu  dan  tenaga  dalam  hal  pembuatan laporan usulan gaji berkala; 
  2. Kurang efisien karena kemungkinan  besar  terjadi  kesalahan  dalam memasukkan  data,  penghitungan  gaji  dan penghitungan  waktu  pengajuan  (human  error); 
  3. Tidak adanya peringatan kepada pegawai yang akan mengajukan  KGB  mengakibatkan  keterlambatan pengajuan  sehingga  PNS  terpaksa  menunggu  beberapa lama untuk mendapatkan kenaikan pangkat maupun gaji; 
  4. Dalam proses penyimpanan data tidak efektif karena  data  yang  tersimpan  di  dalam  file kemungkinan  dapat  terhapus;  
  5. Dalam  pencarian dokumen data pegawai juga memerlukan waktu yang cukup lama karena  pegawai  harus  mengecek setiap dokumen

Berdasarkan kelemahan  yang ada  pada  sistem manual ini, maka diperlukan sebuah metode  khusus agar proses administrasi dan pengambilan keputusan kenaikan  gaji  berjalan  dengan  mudah.  Salah  satu solusi yang dapat diterapkan adalah membuat sistem  pendukung  keputusan  berbasis  web 

SILANGKAR SOLUSINYA

Silangkar adalah Sistem layanan gaji berkala secara online yang berbasis web, sehingga guru cukup melakukan penginputan data pegawai berdasarkan SK Pangkat Terakhir dan KGB Terakhir. Aplikasi ini murni inovasi dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat. 

Aplikasi KGB Online atau Silangkar adalah upaya solusi untuk membantu rekan-rekan Guru, Kepala Sekolah, Staf TU dan Pengawas Sekolah dalam pengurusan Surat Kenaikan Gaji Berkala. 

Sistem informasi yang online memang sudah menjadi kebutuhan di era sekarang ini, maka e-KGB yang sudah terintegrasi diharapkan dapat membantu tugas-tugas pengelola kepegawaian dan mengurangi kerja dan pengecekan manual khususnya untuk nominatif SK KGB.

Berikut tampilan Aplikasi Silangkar

Tampil Silangkar atau KGB Online

Fitur -fitur yang ada  :
  • Dasboard
  • Daftar Pegawai
  • Daftar Berkala
  • Tabel Gaji
  • Setting User
Dashboard Silangkar 

Tampilan data pegawai yang berkala

Manfaat KGB Online (Silangkar) :

  1. Lebih mendekatkan pelayanan, dimana pengurusan KGB cukup di Kantor Cabang Dinas Pedidikan Wilayah karena jarak tempuh dekat
  2. Dapat diakses dengan berbagai perangkat seperti : Laptop, PC atau Android
  3. Mengetahui TMT berkala berikutnya
  4. Mengurangi kesalahan pada saat penginputan KGB
  5. Penerbitan KGB lebih efektif dan efisen karean secara online

Post a Comment for " LAYANAN GAJI BERKALA GURU SECARA ONLINE"