Job Fair SMKN 1 Sarjo, Info Dunia Kerja dan Kurangi Pengangguran

Kacabdin Wil. 2 Jamal Abdullah S.Sos membuka Job Fair SMKN 1 Sarjo (11/11/23)
Cabdin2sulbar - Keunggulan SMK sebagai satuan pendidikan vokasi adalah dapat membantu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satu caranya ialah dengan mengadakan bursa kerja (job fair). 

Job Fair yang digelar di UPTD SMK Negeri 1 Sarjo mulai 10-11 November 2023, sangat diminati siswa-siswi SMK dan para Alumni SMK yang ingin mendapatkan informasi sekaligus kesempatan melamar pekerjaan di bursa kerja. Job Fair 2023 yang menjadi peluang kerja ini merupakan satu di antara program SMK Pusat Keunggulan atau SMK PK Negeri 1 Sarjo, lanjutan kedua dari Pusat Keunggulan.

Kegiatan Job Fair ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jamal Abdullah yang dihadiri oleh para stakholder dari dunia usaha dan dunia industri di Kabupaten Pasangkayu. 



Jamal Abdullah sangant mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh UPTD SMK Negeri 1 Sarjo dalam memfasilitasi para  siswa dan alumninya untuk mencarikan lapangan pekerjaan, yaitu, mempersiapkan lulusannya mengenalkan secara langsung, jemput bola kepada dunia usaha dan dunia industri. Selain itu SMK Negeri 1 Sarjo juga adalah sekolah yang dipersiapkan untuk menjadi SMK BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) yang sementara berproses.

Anak-anak ini merupakan SDM yang harus diperhitungkan, makanya perlu dipersiapkan sejak dini. Supaya menghilangkan image masyarakat lulusan SMK adalah penyumbang angka pengangguran di Kabupaten Pasangkayu. “Oleh karena itu, kegiatan seperti ini sangat diperlukan sekali, termasuk harus dilakukan sekolah-sekolah yang lain,” katanya.

Sementara itu Kepala Disnaker Kabupatten Pasangkayu M. Ikbal Pali mengatakan  para  siswa dan alumni juga harus mempersiapkan kualitas dirinya dengan baik. Jika adik-adik alumni ini SDMnya sangat bagus, kompetensinya juga sangat luar biasa, maka tidak perlu repot lagi untuk mencari pekerjaan. Justru sebaliknya sudah dipastikan pekerjaan akan mencari mereka.

Di Pasangkayu ini sudah ada 6 perusahaan  yang sudah siap untuk membangun industri , 2 diantara sudah melakukan konfirmasi yaitu Perusahaan Baterai dan Perusahan kaca. Sehingga ke depan 2 perusahan ini membutuhkan tenaga kerja lokal seperti lulusan SMK yang sesuai sepesifkasi pekerjaan,"pungkas Ikbal Pali. 

Program ini kami buka untuk menjembatani siswa-siswi SMK, baik kelas 12 maupun alumni untuk masuk ke dunia kerja," ungkap Kepala SMKN 1 Sarjo Nuraelis SP, Jumat (10/11/2023).

Nuraelis berharap agar kegiatan ini sesuai harapan penyelenggara, maka Job Fair telah mengundang berbagai industri agar bisa merekrut alumni-alumni SMKN 1 Sarjo.

"Menyadari SMK PK adalah SMK vokasi yang melahirkan siswa siswa-siswi atau alumni yang kompeten sehingga harapan sekolah, dunia industri atau dunia kerja juga ikut bersama merekrut siswa-siswi SMKN 1 Sarjo, terutama alumni-alumni maupun yang persiapan kelas 12.

"Apalagi di dalam pembelajaran kami juga memang sudah dikuatkan dengan kompetensi konsentrasinya sesuai dengan keahlian masing-masing, dan di dalamnya sudah ada entrepreneur anak dan mata pelajaran Project Kewirausahaan. Bahkan selama mereka belajar juga kami datangkan praktisi belajar di sekolah untuk menguatkan kompetensi-kompetensi mereka,” tegasnya 

Lebih lanjut Nuraelis mengatakan, SMKN 1 Sarjo sendiri awalnya juga sudah punya kerja sama dengan industri di mana di dalam MoU nya ada kesepakatan tentang rekrutmen, sehingga setelah siswa tamat, PKL atau magang perusahaan bisa ikut andil dalam rekrutmen siswa-siswi SMKN 5 sesuai kompetensi yang diinginkan.

Diharapkan kedepan para Alumni SMKN 1 Sarjo ini dapat diserap di dunia kerja atau dapat membuka lapangan kerja sendiri "pungkas Nuraelis.

Job fair  ini diikuti oleh 3 perusahaan yaitu PT. Haji Kalla Toyota, PT. Megaputra Sejahtera Suzuki dan PT.. Mid Utama Indonesia (Alfamidi), selain  ini juga dirangkaian dengan kegiatan service gratis mobil seperti service, Ganti Oli, Spooring dan Balance.

Kasek SMKN 1 Sarjo Nuraelis SP diacar Job Fair

Kegiatan ini pun bermanfaat bagi sisi industri, yang mana industri memiliki kebutuhan untuk mencari SDM unggul dan kompeten. Salah satu industri, yaitu Planet Ban mencari SDM untuk posisi mekanik dan tertarik untuk merekrut lulusan dari Jurusan Otomotif.


“Kami membutuhkan mekanik untuk penempatan Pasangkayu dan Donggala . Dengan adanya Job Fair  ini, dapat membantu usaha kami sebagai HRD untuk menjemput bola mencari SDM,” tutur perwakilan dari Suzuki dan Toyota.

Ia juga menjelaskan, industri sangat membutuhkan seorang yang mau belajar dan bekerja. Terutama di industri otomotif, maka yang dinilai adalah keterampilan dalam mengatasi permasalahan kendaraan motor. Maka dari itu, industri menyukai lulusan SMK yang sudah memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang tersebut. 
Service Gratis di Bengkel SMKN 1 Sarjo 



Post a Comment for "Job Fair SMKN 1 Sarjo, Info Dunia Kerja dan Kurangi Pengangguran"