Tema Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 dan Panduan Upacara Bagi Sekolah

Cabdin2sulbar.id Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada 1 Oktober setiap tahunnya. Itu berarti, peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 akan dimulai sebentar lagi. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mempublikasikan Surat Edaran Mendikbudristek Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

Surat Edaran tersebut berisi tentang ketentuan dalam melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di lingkungan Kemendikbudristek.

Lantas, apa tema Hari Kesaktian Pancasila 2023? 

Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) merilis edaran Penyelengaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023. Mengutip dari edaran tersebut, tema upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Jadwal Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 jatuh pada Minggu, 1 Oktober 2023.Dalam rangka peringatannya, akan diselenggarakan upacara pada:

Hari, tanggal: Minggu, 1 Oktober 2023

Pukul: 08.00 WIB-selesai

Panduan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023

Kemdikbudristek mengumumkan hal-hal penting terkait penyelengaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 tanggal 1 Oktober. Berikut poin-poin penting yang dimaksud.

Penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di tingkat pusat, daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan satuan pendidikan.

Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara luring penuh dari kantor masing-masing.

Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2023 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2023 pukul 06.00 WIB waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh.

Pada tanggal 1 Oktober 2023 masyarakat agar mendengarkan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Youtube Kemendikbud RI.

Kemudian untuk upacara di tingkat daerah, disesuaikan dengan kantor pemerintah provinsi/kabupaten/kota masing-masing yang dimulai pukul 08.00 waktu setempat.

Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 di Sekolah

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di sekolah dilaksanakan secara luring penuh.Adapun pimpinan pelaksanaan penyelenggara diserahkan kepada kepala satuan pendidikan.

Urutan acara pokok yang ditentukan sebagai berikut:

  1. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara
  2. Laporan Komandan Upacara, upacara siap
  3. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
  4. Pembacaan Teks Pancasila
  5. Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
  6. Pembacaan Naskah Ikrar
  7. Pembacaan Naskah Doa
  8. Andhika Bhayangkari (menyesuaikan)
  9. Laporan Komandan Upacara, upacara selesai
  10. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara
  11. Upacara selesai

Demikian pedoman upacara Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2023.

Post a Comment for "Tema Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 dan Panduan Upacara Bagi Sekolah "