Ujian Sekolah TP. 2022/ 2023 tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Pasangkayu, Dipantau Kacabdin Wilayah 2 Sulbar.

Kacabdin 2, Jamal Abdullah Pantau US di SMAN 1 1 (4/4/2023)
Cabdin2sulbar.id- Pemerintah Provinsi Sulawesi, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah melaksanakan Ujian sekolah serentak SMA/SMK/SLB  mulai tanggal  3  sampai 11 April 2023 di 6 wilayah Kabupaten di SUlawesi Barat.

Untuk Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah dan Pasangkayu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jamal Abdullah, melakukan pemantauan Ujian  dibeberapa sekolah yang ada diKabupaten Pasangkayu,  ingin memastikan pelaksanaan US berjalan dengan lancar.

“Selain untuk memastikan bahwa pelaksanaan ujian berjalan lancar juga fasilitas pendukung seperti wifi sekolah tersedia bagi para siswa,” kata Jamal Abdullah usai lakukan pemantauan di SMAN 1 Dapurang.

Jamal menyebutkan, dari hasil kunjungan beberapa  sekolah itu pelaksanaan ujian berjalan lancar dan fasilitas juga sangat mendukung.

“Diharapkan pelaksanaan US sampai selesai pada Jumat 11 April 2023 dapat berjalan dengan lancar,” terang Jamal.

Pelaksanaan US di SMAN 1 Lariang
Lanjut  Jamal, Cabdin Wilayah 2 minta PT PLN setempat agar tidak memadamkan listrik pada jam-jam ujian sekolah.

Untuk tahun ini pelaksanaan US dilaksanakan dengan 2 moda yaitu : ujian berbasis kertas dan ujian daring. Pelaksanaan ujian berbasis jaringan / online dilaksanakan di hampir SMK yang ada di kabupaten Pasangkayu dan beberapa SMA.

Ketua Panpel US SMKN 1 Baras, mengisi Instrumen Pemantauan Ujian Sekolah

Menurut Jamal, Ujian sekolah adalah ujian yang diseelnggaran oleh Satuan Pendidika atau sekolah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Tujuan diselenggarakan Ujian Sekolah adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik

Penggunaan aplikasi CBT yang digunakan saat Ujian Sekolah secara online
Perlu diketahui bahwa aplikasi CBT atau Computer Based Tes adalah tes dengan system pelaksanaan mengunakan komputer atau HP sebagai media untuk melakukan tes. Cara mengakses CBT ini sangat mudah, pertama siswa harus login  terlebih dahulu melalui link yang sudah dibagikan oleh sekolah, selanjutnya siswa measukkan username dan password pada saat akan dilaksanakan Ujian sekolah, kemudian siswa memilih kode soal sesuai jadwal yang sudah diberikan. 

Kasi PSMA, Hamsaruddin mencek soal-soal yang ada diaplikasi CBT 

Menilik dari ujian-ujian sebelumnya, ujian sistem CBT sangat membantu panitia ujian. Panitia ujian tidak lagi repot menyiapkan naskah soal, lembar jawaban berbasis kertas cukup dengan menggunakan aplikasi ini.

Penggunakan aplikasi CBT ini mengurangi penggunaan ATK, sehingga lebih efisien dalam pembiayaan. Secara umum pelaksanaan ujian sekolah yang ada dikabupaten Pasangkayu berjalan lancar.

 

Pelaksanaan US di SMKN 1 Sarjo 

Pelaksanaan US di SMK Karya Bangsa, Pasangkayu

US di SMKN 2 Baras

SMKN 1 Sarudu Ujian Sekolah dengan CBT

SMAN 1 Duripoku US berbasis kertas

Siswa SLB Tobadak Ujian Sekolah

Kacabdin 2, Jamal Abdullah bersama panitia US  SMAN 1 Sarudu


Post a Comment for "Ujian Sekolah TP. 2022/ 2023 tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Pasangkayu, Dipantau Kacabdin Wilayah 2 Sulbar."