Pendaftaran OSN Tk. Kabupaten Jenjang SMA/MA Tahun 2023 Telah Dibuka, Berikut Waktu Dan Panduan OSN SMA 2023



Cabdin2sulbar.id – Berikut Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA MA Tahun 2023 resmi dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek RI:

Salah satu tugas strategis pada masa pembangunan jangka menengah tahun 2020-2024 adalah penyiapan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing yang di antaranya dilakukan melalui upaya Manajamen Talenta Nasional (MTN) peserta didik.

Tujuan umum penyelenggaraan OSN SMA Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Tema dan Tagar

OSN Tahun 2023 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi ”, dengan tagar #berprestasimembangunkolaborasi #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Mengispirasi

Sasaran

Sasaran pelaksanaan OSN ini adalah peserta kompetisi pada jenjang SMA/MA/Sederajat dan SMP/MTs yang telah lolos melalui seleksi OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (Ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

Bidang Lomba

Bidang lomba dalam kompetisi sains tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional adalah:

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Informatika/Komputer
  5. Biologi
  6. Astronomi
  7. 7. Ekonomi
  8. Kebumian
  9.  Geografi

Persyaratan Umum Peserta

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.
  • Berminat dan memiliki nilai baik dari bidang sains yang dipilih.
  • Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan apabila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.
  • Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.
  • Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.
  • Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama (Lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).
  • Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan dan seleksi ke kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.
  • Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.
  • Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi kompetisi.
  • Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.
  • Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.
  • Mampu mengoperasikan komputer
  • Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba

Keikutsertaan Kompetisi Sains Internasional Tahun 2024

Hasil OSN tahun 2023 akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2024.


Post a Comment for "Pendaftaran OSN Tk. Kabupaten Jenjang SMA/MA Tahun 2023 Telah Dibuka, Berikut Waktu Dan Panduan OSN SMA 2023"