SMA Negeri 1 Budong-Budong Gelar Merdeka Expo


Cabdin2sublar.id - Pada hari Selasa 14 Februari 2023, SMA Negeri 1 Budong-Budong melaksanakan kegiatana Merdeka Expo sebagai salah satu bentuk impelementasi penguatan profil pelajar pancasila di dalam implementasi kurikulum merdeka.

Dimana hasil dari pembelajaran korikuler P5 dengan tema Kewirausahaan yang telah dilaksanakan sejak Oktober 2022 sampai Janauari 2023 di SMAN 1 Budong-Budong dengan puncak kegiatan pada hari ini, Selasa 14 Februari 2023 yang dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jamal Abdullah, MKKS SMA Kabupaten Mateng, Pengawas Sekolah, Ketua Komite sekolah, Lurah, Polsek dan damramil Kecamatan Budong-Budong serta para orangtua siswa.

Perlu diketahui tujuan pendidikan sebagaimana dikatakan oleh Bapak Pendidikan Nasional Kihajar Dewantara bahwa Pendidikan memberi tuntunan (menuntun) terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya baik sebagai seeorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Dalam sambutannya, Jamal Abdullah mengatakan bahwa perlu kegiatan seperti dilaksanakan oleh sekolah agar  dapat membangun jiwa kewirausahaan sejak mereka di bangku sekolah, karena tidak semua siswa-siswi kita akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi sehingga mereka harus diberikan skill menjadi seorang usahawan muda nantinya. 

Selain itu Jamal mengatakan, bahwa  kepala sekolah harus selalu memberikan contoh dan panutan bagi guru dan siswanya, dimana kedisiplinan dalam mematuhui jam kerja serta selalu mengontrol dan mengecek kehadiran guru sebagai salah satu tugas sebagai kepala sekolah.

Tunjuan merdeka expo dari kegiatan panen P5 tema kewirausahaan dan pameran hasil belajar peserta didik kelas X, kelas XI dan kelas XII, dimana memberikan kesempatan peserta didik untuk mengolah potensi lokal untuk dijadikan makanan dan ditampilkan dalam bazar/expo ini.

Dari stand-stand masing-masing kelas untuk mata pelajran prakarya menampilkan produk virgin coconut oil (VCO), makanan dan kue-kue tradsional serta kerajainan tangan. Selain itu di Mapel Bahasa Indonesia menampilkan baca puisi, drama. dana Maple Seni Rupa menampilkan karay aseni rupa. Geografi menampilkan maket dan peta serta produk dari mata pelajaran lain.





1 comment for "SMA Negeri 1 Budong-Budong Gelar Merdeka Expo"

Iddev March 1, 2023 at 11:21 AM Delete Comment
Kegiatan yang sangat bagus