Ada Pakaian Adat, Ini Aturan Terbaru Seragam Sekolah Siswa SD, SMP, SMA Sesuai Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022

Siswa Memakai Pakaian adat Saat Upacara Bendera
cabdin2sulbar.id -  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, secara resmi telah mengeluarkan Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 soal aturan terbaru seragam sekolah SD, SMP, SMA sederajat 2022.

Dalam rangka mengakomodasi kebutuhan pengaturan pakaian seragam sekolah yang sesuai dengan kebijakan nasional pendidikan dan perkembangan di masyarakat, maka Kemendikbudristek telah mengubah Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 menjadi Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022. 

Dalam aturan seragam sekolah terbaru tersebut, siswa SD,SMP, SMA sederajat akan menggunakan tiga jenis pakaian, yakni seragam nasional, Pramuka dan pakaian adat.



Aturan terbaru seragam sekolah siswa SD, SMP, SMA sederajat dalam 2022 Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 dibuat dengan tujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme generasi bangsa serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan yang kuat antar peserta didik.

Sebagaiamana pasal 2 Permendikbudristek Nomor 50 tahun 2022, Pengaturan pakaian seragaam sekolah ini bertujuan :

  1. menanamkan dan menumbuhkan nasionalisme, kebersamaan serta memeperkuat persaudaraan diantara peseta didik
  2. menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan dikalangan peserta didik
  3. meningkatkan kesetaraan tanpa memandang latar belakang  sosoal, ekonomi orangtua atau wali peserta didik
  4. meningkatkan disiplin dan tanggung jawaba peserta didik

Jenis Pakaian Seragam

 Jenis pakaian seragam menurut Permendikbud nomor5 0 tahun 2022 adalah :

1. Seragam pakaian nasional 

Model dan warna pakaian seragam nasional untuk : 

  • Peserta didik SD/SDLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati
  • Peserta didik SMP/SMPLB berupa atasan kemeja  berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwana biru tua dan
  • Peserta didik SMA/SMALB/SMK/SMKLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu

2. Seragam Pramuka

Model daan warna pakaian seragam pramuka sebagaiaman dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf b mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

3. Seragam Khas Sekolah

Model dan warna pakaian seragam khas sekolah sebagaiamana dimaksud dalam pasal 3 ayat (2) ditetapkan Sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya

4. Pakaian Adat Daerah

Model dan warna pakaian adat sebagaiamana dimaksud pasal 4 ditetapkan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hak setiap Peserta Didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Jadwal Penggunaan Pakaian Seragam 

Dalam pasal 10 ketentuan jadwal penggunaan pakaian seragam adalah :

  1. Pakaian seragam nasional digunakan peserta didik paling sedikit setiap hari senin dan kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera
  2. Pakaian seragam pramuka dan pakaian sergam khas sekolah daigunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-maisng sekolah
  3. Pakaian adat digunakan peserta didik pada hari atau acara adat tertentu

Salah satu poin penting yang juga diatur di dalam Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 adalah bahwa pengadaan pakaian seragam sekolah tidak boleh membebani peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu. Hal ini diatur dalam Pasal 12 yang mengatur bahwa pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, dan masyarakat dapat membantu peserta didik, terutama yang kurang mampu secara ekonomi, dalam pengadaan pakaian seragam sekolah dan pakaian adat. Kemudian, Pasal 13 mengatur bahwa sekolah tidak boleh mengatur kewajiban dan/atau memberikan pembebanan kepada orang tua atau wali peserta didik untuk membeli pakaian seragam baru pada setiap kenaikan kelas dan/atau penerimaan peserta didik baru.


Post a Comment for "Ada Pakaian Adat, Ini Aturan Terbaru Seragam Sekolah Siswa SD, SMP, SMA Sesuai Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022"