Kadis Pendidikan Sulbar Kunjungi SMAN 1 Pangela Pasca Diterjang Banjir

Kadis Dikbud, Muh. Natsir mengunjungi SMAN 1 Pangale Pasca Banjir (6/09/22).
Cabdin2sulbar.id - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pangale, tergenang banjir. Peristiwa itu diakibatkan tingginya curah hujan yang melanda beberapa wilayah di Mamuju Tengah Senin (5/9/2022).

Siswa SMAN 1 Pangale, Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar) diliburkan karena diterjang banjir. Halaman sekolah hingga ruang kelas tertimbun endapan lumpur dan sampah yang terbawa banjir.

Sekitar pukul dua air sudah mulai masuk dari arah kanan, yang drainasenya meluap, kiri-kanan, memang sekolah ini dikelilingi drainase dari sekolah ini," kata kepala sekolah SMA Negeri 1 Pangale, Merlien Jolanda kepada wartawan, Selasa (6/9/2022).

Banjir yang menerjang SMAN 1 Pangale ini terjadi Senin kemarin (5/9). Selain karena curah hujan tinggi, banjir juga diakibatkan luapan saluran drainase di sekitar sekolah.

Sejumlah siswa yang datang ke sekolah hanya membersihkan ruang kelas yang terendam lumpur. Meja dan kursi kelas ditumpuk agar tidak terendam banjir.

Mendengar informasi itu, Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, Muh Natsir beserta Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jamal Abdullah berkunjung ke SMAN 1 Pangale (6/9). 

Natsir mengatakan bahwa sekolah ini harus cepat diatasi, dengan secepatnya melakukan koordinasi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah.

Kacabdin Wilayah 2, Jamal Abdullah dan rombongan berkunjung ke SMAN 1 Pangale yang dilanda banjir, senin (5/9/22).
Melihat Gedung Kantor dan Ruang Guru SMAN 1 Pangela yang sudah rusak parah dan selalu dilanda banjir, agar segera diadakan penghapusan aset sehingga dapat diusulkan anggarannnya pada Dana DAK SMA Tahun 2023, ucap "Natsir.

Selaian itu pembangunan talud disamping sekolah itu juga akan diangggarkan melalui dana APBD Prvoinsi tahun 2023. Jadi saya perintahkan ibu kepala sekolah agar segera membuat laporan dan diserahkan secepatnya ke Dinas Pendidikan untuk ditindaklanjuti,"terangnya.

Selain rombongan dari Dinas Pendidikan, hadir juga dari Polres Mateng dan  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Tengah, Hj. Nahda. Ia mengatakan Pemda Kabupaten Mateng  akan membantu SMA 1 Pangale dengan memperbaiki drainase  dan perbaikan sarana dan prasana lainnya,  baik melalui dana APBD Kabupaten, selain itu akan meminta bantuan para anggota DPRD Provinsi dari dapil mateng untuk membantu penggarannya melalui aspirasi. 

Beliau juga akan membantu sekolah ini dengan melobby anggaota DPR RI Sulbar, Arwan Aras untuk dianggara di APBN tahun 2023, mari kita kawal bersama-sama, üjar "Hj. Nahda.*  

Post a Comment for "Kadis Pendidikan Sulbar Kunjungi SMAN 1 Pangela Pasca Diterjang Banjir "