Berikut Juara O2SN SMA/MA Tingkat Provinsi yang akan mewakili Sulawesi Barat di Tingkat Nasional Tahun 2022

Cabdin2sulbar.id - Sejak tahun 2006, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud telah menyelenggarakan kompetisi beberapa cabang olahraga pelajar dengan sebutan POPSMA (Pekan Olahraga  pelajar SMA). Dari kegiatan itu, pemerintah melihat bahwa antusias para pelajar se-Indonesia di bidang olahraga sangat besar. Bahkan kesungguhan mereka untuk terus berlatih dan berkompetisi secara sportif, terlihat dari kepatuhan mereka terhadap peraturan-peraturan yang ditetapkan. Standar kualitas mereka pun teruji dalam merebut gelar juara di masing-masing bidang. Pada tahun 2007 Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengganti nama POPSMA menjadi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk  melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Kompetisi, Festival, dan Kompetisi. Salah satunya yaitu Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Para juara pertama di O2SN pun disiapkan untuk mengikuti Kompetisi Olahraga Pelajar di Tingkat Internasional 

Beberapa raihan prestasi tingkat Internasional di bidang olahraga jenjang SMA, antara lain :

  • Meraih rekor MURI dengan peserta kompetisi silat dan karate daring  terbanyak pada tahun 2020. 
  • Kejuaraan International de La Province de Liege 2019, di Belgia, Tim Karate Pelajar SMA Indonesia berhasil meraih 2 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu. 
  • Kejuaraan International de La Province de Liege 2018, di Belgia, Tim Karate  Pelajar.
  • Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, tim pencak silat menjadi tamu  kehormatan dari Kerajaan Arab Saudi pada Desember 2018

Oleh karena itu, O2SN 2022 dilaksanakan  seperti tahun 2021. Agar kompetisi  olahraga tingkat nasional ini dapat berjalan dengan baik, maka Pusat Prestasi Nasional membuat pedoman pelaksanaan bagi  seluruh pemangku kepentingan. 

Kemdikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia melaksanakan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi pada tanggal 22 s.d 27 Agustus 2022 yang dilaksanakan secara daring (online), dan ada 7 provinsi yang melaksanakan secara mandiri yaitu : Banten, Kaltim, Maluku, Papua Baat, Riau, Sulawesi Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Surat Pengumuman Lomba O2SN SMA/SMK Tingkat Provinsi Tahun 2022


Berdasarkan surat Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemdikbudristek nomor : 0518/J7.1/PN.03/2022 tanggal 27 Agustus 2022, perihal Pemberitahuan Hasil Seleksi O2SN jenjang SMA/MA tingkat Provinsi Tahun 2022 secara daring. Dimana Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah :

1. Karate Kata Putra/Putri

2. Pencasilat Jurus Putra/Putri.

Untuk tingkat Provinsi Sulawesi Barat  untuk Kata putri  diikuti oleh 7 sekolah dengan jumlah peserta 10 orang dan Kata Putra 3 sekolah dengan jumlah peserta 4 orang. Adapun juara kata sebagai berikut :

Karate Kata Putri :

1. Afni Olivia (SMAN 1 Mamasa)

2. Citra  Amaliah Rustan (MAN Polewali Mandar)

3-4. Prity sintia dela (SMAN 1 Mamuju)

3-4. Anisa Angriani (SMAN 1 Mamuju)

Karate Kata Putra :

1. Arya Muddatzir (SMAN 1 Polewali)

2. Muhammada Arya Nurhidayat    (SMAN 1 Polewali)

3-4. Jeremi Fedrozha (SMAN 1 Mamasa)

3-4. Marwan R (SMAN 2 Polewali).

Peringkat Karate  Putra/Putri  O2SN Tingkat Prov. Sulbar
Lomba Jurus Pencak silat putri diikuti 6 sekolah dengan jumlah peserta 8 orang dan untuk jurus kategori putra diikuti 5 sekolah dengan jumlah peserta 7 orang. Berikut juara Pencak Silat :

Pencak silat Jurus Putri :

1. Nadiyah R (MAN 1 Majene)

2. Nurul Auliyah Fua'dah (SMAN 3 Polewali)

3. Nur Fazira (SMAN 1 Tinambung)

Pencak silat Jurus Putra :

1. Muh. Fatwa (SMAN 2 Majene)

2. Khairul Zaman Musliadi (SMAN 3 Polewali)

3. Fiqri Hidayat A. (SMAN 3 Polewali)

Peringkat Pencak Silat  Putra/Putri  O2SN Tingkat Prov. Sulbar
Berdasarkan pedoman )2SN dan Penetapan Juru, maka Peserta Peringkat 1 dan Peringkat 2 dari hasil penilaian tingkat Provinsi yang akan mengikuti )2SN Tingkat Nasional Jenjang SMA/MA Tahun 2022 pada tanggal 4 s.d 9 September secara daring (online).*


Post a Comment for "Berikut Juara O2SN SMA/MA Tingkat Provinsi yang akan mewakili Sulawesi Barat di Tingkat Nasional Tahun 2022"