Pentingnya Penilaian Kinerja Guru

H. Abdullah S.Pd, Pengawas SMA Kab. Pasangkayu melakukan PKG di SMAN 1 Dapurang
Guru adalah pendidik profesional yang memiliki tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Guru yang profesional diharapkan mampu berperan serta dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki estetika, etika, akhlak mulia, dan kepribadian.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa masa depan bangsa dan negara sangat ditentukan oleh guru. Oleh karena itu, profesi guru perlu dikembangkan secara berkesinambungan dan proporsional sesuai dengan jabatan fungsional guru.

Agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) yang menjamin proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.

Pelaksanaan PK Guru tidak dimaksudkan untuk mempersulit guru, tetapi sebaliknya PK Guru dilaksanakan untuk menciptakan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas jasa profesional yang berkualitas. Mengetahui secara tepat tentang kegiatan guru di kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, akan berkontribusi langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, serta membantu pengembangan karir guru sebagai profesional.

Oleh karena itu, untuk menjamin agar setiap guru profesional di bidangnya dan sebagai imbalan atas prestasi kerjanya, PK Guru harus dilaksanakan terhadap guru di seluruh satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dan Masyarakat. Guru yang dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja pada satuan pendidikan yang menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi juga mencakup guru yang bekerja pada satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan PKG Kepala Sekolah di SMAN 1 Tikke Raya

Hasil PK Guru dapat digunakan untuk mengembangkan profil kinerja guru sebagai bahan masukan dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Hasil PK Guru juga menjadi dasar penetapan perolehan nilai kredit guru dalam pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit.

Jika semua itu dapat dilaksanakan dengan baik dan objektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan “Insan yang Cerdas, Komprehensif, dan Berdaya Saing Tinggi” akan lebih cepat terwujud.

Dulman, S.Pd, Pengawas  SMA Kab. Mamuju Tengah (Melakukan PKG di SMAN 1 Pangale)

Memperhatikan kondisi kedudukan guru sebagai jabatan profesional dan kebijakan pemerintah dalam pengembangan profesi guru, maka perlu adanya pedoman pelaksanaan PK GURU yang menjelaskan apa, mengapa, kapan, bagaimana dan oleh siapa PK GURU diimplementasikan. Penyusunan pedoman ini mengacu pada Peraturan Menpan RB di atas sebagai acuan pelaksanaan PK-Guru di sekolah untuk mempermudah proses penilaian.

Download Panduan Penilaian Kinerja Guru (PKG) lengkap dengan mengklik link berikut..... Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Post a Comment for "Pentingnya Penilaian Kinerja Guru "