Kaleidoskop Sulbar 2021 : Gempa 6,2 M di awal tahun hingga Polemik Test CPNS SKD Tertinggi Nasional

Presiden Ir. H. Joko Widodo mengunjungi Kantor Gubernur Sulbar yang hancaur akibat gempa 6,5 M. Foto : Pemprov. Sulbar

Tahun 2021 sepertinya  akan segera berlalu. Tahun 2022 akan segera dibuka dengan cerita baru. Berikut 7 peristiwa menarik yang  terjadi di Sulawesi Barat sepanjang tahun 2021 yang dirangkum Sulbar kini.

1. Gempa 6.2 Magnitudo Mengguncang Mamuju dan Majene

Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Mamuju dan Majene pada Jumat (15/1) dini hari.

Gempa ini tidak hanya menelan ratusan korban jiwa, namun juga meluluhlantahkan Kota Mamuju serta Kecamatan Malunda dan Ulumanda di Kabupaten Majene.

Pal Martensson, bule asal Swedia turut mengantre BBM di salah satu SPBU di Mamuju. Foto: Awal Dion/sulbarkini

Gempa kuat ini juga menyebabkan ratusan warga mengungsi karena rumah mereka rusak dan menyisakan trauma hingga hari ini.

2. Warga Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Menemukan Benda Mirip Puing Pesawat

Warga Dusun Patulana, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar), dikejutkan dengan ditemukannya sebuah benda yang menyerupai puing pesawat.

Benda mirip puing pesawat itu pertama kali ditemukan Aswad, seorang nelayan desa setempat, sekitar pukul 23.00 WITA, Minggu (31/1) saat mencari umpan untuk memancing.

"Saat menyusuri pantai, saya kaget ada benda lain di pantai. Saya lalu mengambilnya dan mengamankannya agar tidak hanyut lagi oleh ombak," kata Aswad, Kamis (4/2).

Warga Dusun Patulana, Mamuju Tengah, digegerkan dengan penemuan benda menyerupai serpihan pesawat di tepi pantai. Foto: Sulbar Kini

3. Bocah 14 tahun di Mamuju  Tengah dibunuh buaya saat mencari kangkung

Kevin (14 tahun), warga Desa Polongaan, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, ditemukan tewas setelah diterkam buaya, Minggu (9/5/2021).

Anggota BPBD Tagana Mamuju Tengah, Rusno, mengatakan bocah malang itu awalnya mencari kangkung bersama teman-temannya di saluran drainase perkebunan kelapa sawit di Tobadak.

Namun, tiba-tiba seekor buaya muncul dan menerkam bocah itu. Warga dibantu tim SAR dari BPBD Mamuju Tengah berhasil mengevakuasi jenazah korban.

Tim SAR bersama warga mengevakuasi jenazah Kevin. Foto: Sulbar Kini

4. Keanehan di balik kegagalan dua Paskibraka dari Sulawesi Barat ke Jakarta akibat COVID-19

Dua anggota Paskibraka asal Sulawesi Barat (Sulbar) yang gagal berangkat ke Jakarta karena positif virus corona atau COVID-19 menuai polemik. Hal itu setelah keluarga salah satu anggota Paskibraka yang gagal berangkat ke Jakarta mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo dan viral di media sosial.

Dua anggota Paskibraka Sulawesi Barat sempat bertemu Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebelum terkonfirmasi positif COVID-19. Foto: Pemprov. Sulbar

Sebelumnya, Arya Maulana Mulya dari SMA Negeri 2 Majene dan Kristina dari SMA Negeri 2 Mamasa yang merupakan perwakilan dari Sulawesi Barat membatalkan keberangkatannya setelah dinyatakan positif COVID-19. Keduanya dipilih melalui serangkaian seleksi ketat di tingkat kabupaten hingga provinsi.

Mereka kemudian digantikan oleh Paskibraka lain. Arya Maulana Mulya digantikan oleh Muhammad Juandi Ali dari SMA Negeri 3 Polewali Mandar dan Kristina digantikan oleh Anggi F Tamutuan yang merupakan siswa di SMA Negeri 1 Mamasa.

5. Misteri 5 Foto Wanita dalam Botol yang Ditanam di Kuburan di Sulawesi Barat, Polisi Selidiki

Penemuan foto perempuan dalam botol yang ditanam di salah satu makam warga mengejutkan warga Desa Bonde, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar).

Warga Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihebohkan dengan penemuan foto wanita dalam botol yang ditanam di salah satu kuburan warga. Foto: Sulbar Kini

Kapolsek Campalagian, Iptu Sukirno mengatakan, warga sekitar menemukan foto perempuan di dalam botol sekitar seminggu yang lalu saat menggali kuburan. Warga menemukannya ditanam di samping salah satu kuburan.

6. Mobil dinas ketua DPRD Mamuju ditilang, diduga menggunakan plat nomor palsu

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Barat (Sulbar) mengamankan mobil dinas milik Ketua DPRD Mamuju Azwar Anshari Habsi yang diduga menggunakan plat gantung atau plat palsu.

Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Syamsu Ridwan membenarkan penahanan mobil dinas milik Ketua DPRD Mamuju itu.

Mobil dinas Ketua DPRD Mamuju Azwar Anshari Habsi ditahan polisi atas dugaan penggunaan pelat palsu. Foto: Sulbar Kini

"Ya benar, mendapat tiket karena menggunakan TNKB/plat nomor tidak sesuai peruntukannya," tulis Syamsu saat dikonfirmasi SulbarKini, Selasa (19/10/2021).

7. Beredar Kecurangan Tes CPNS di Mamuju-Mamasa, 1 Peserta Peraih Nilai Tertinggi Nasional

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam rangka penerimaan CPNS ditengarai diwarnai kecurangan di sejumlah bidang. Dua di antaranya berada di Kabupaten Mamuju dan Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar).

Salah Satu Perserta Test CPNS Pemprov Sulbar Tahun 2021 dengan nilai tertinggi SKD 510. Foto : BKD Sulbar

Dalam laporan penipuan SKD CPNS yang diterima Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dan dibagikan kepada wartawan, Rabu (27/10), terungkap ada 9 lokasi uji yang diketahui curang.

Antara lain, pelaksanaan ujian SKD CPNS berbasis cost sharing mandiri Kabupaten Mamuju dan Pasangkayu yang dilaksanakan di Gedung PKK Provinsi Sulawesi Barat pada 14-25 September 2021.

Dirangkum : Sulbar Kini

Post a Comment for "Kaleidoskop Sulbar 2021 : Gempa 6,2 M di awal tahun hingga Polemik Test CPNS SKD Tertinggi Nasional"