Kacabdin Wilayah 2 Pantau ANBK SMA di Kabupaten Mamuju Tengah

Pelaksanaan ANBK hari pertama tanggal 27 September 2021 jenjang SMA di Kabupaten Mamuju Tengah berlangsung lancar dan tanpa hambatan. Semua peserta yang mengikuti dapat menyelesaikan semua kegiatan dari awal sampai akhir dengan lancar, dukungan jaringan internet yang memadai juga merupakan salah satu faktor yang mendukung kelancaran kegiatan hari pertama kegiatan ANBK ini.

Kacabdin 2 Memantau Pelaksanaan ANBK di SMAN 1 Topoyo

Pada hari pertaman pelaksanaan, Kepala Cabang Dinas Wilayah 2 Jamal Abdullah beserta Kasi dan Pengawas SMA Drs. Marhadi M.Pd melakukan pemantauan langsung ke Sekolah yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah.  Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam tiga hari kedepan peserta didik kelas XI mengikuti kegiatan ANBK. Ada banyak masyarakat sebenarnya yang belum mengetahui seperti apa ANBK yang mulai di ikuti oleh siswa SMA saat ini. ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Kacabdin, Jamal Abdullah S.Sos bersama Ibu Marhumah Z,S.Pd, M.Pd
dan Kasi SMK dan SMA 

Suasana Pelaksanaan ANBK SMAN 1 Pangale


Kepala Sekolah SMAN 1 Pangale, Marhumah Z, S.Pd, M.Pd mengatakan, ANBK ini dilaksanakan dalam waktu 3 sesi, pertama dari pukul 08.00.00 sampai 10.00, 10.30 sampai 12.30 dam pukul 13.00 sampai 15.30. 

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Pelaksanaan ANBK di SMAN 1 Topoyo

Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi). Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.  Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilainilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila. Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Hari Pertama ANBK SMAN 2 Topoyo

Untuk itu Jamal Abdullah berharap agar kelancaran pelaksanaan AN tersebut bisa mendukung proses pemetaan belajar mengajar di sekolah.

"Pemetaan yang dimaksud adalah soal sarana dan prasarana, karakter siswa dan lingkungan belajar yang kondusif", jelasnya.








Post a Comment for "Kacabdin Wilayah 2 Pantau ANBK SMA di Kabupaten Mamuju Tengah"