Hari Pertama ANBK SMK di Kabupaten Mateng dan Kabupaten Pasangkayu Agak Terkendala Jaringan Internet


Kacabdin Wilayah 2 Meninjau ANBK SMKN 1 Dapurang

cabdinbelajar.blogspot.com. Hari pertama, Senin (20/9), pelaksanaan  Asesmen Nasional  Berbasis Komputer (ANBK) 2021  untuk SMK di Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Pasangkayu terkendala jaringan berjalan yang kurang maksimal .  ANBK merupakan pengganti Ujian Nasional (UN)

“ANBK  SMK  digelar 20-23 September 2021. Untuk tingkat SMA 24-27 September,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2, Jamal Abdullah S.Sos,  usai meninjau pelaksanaan ANBK di SMKS Prima Karya Topoyo, Senin (20 s.d 21/9).

Jamal Abdullan S.Sos mengatakan, sebelum ANBK digelar, terlebih dahulu dilakukan  simulasi  untuk memastikan infrastruktur pendukung seperti  konektivitas internet sudah baik. Dia menegaskan,  tidak ada konsekuensi nilai AN terhadap individu siswa, guru,  dan kepala sekolah. ANBK  bertujuan  memetakan kondisi pembelajaran di setiap sekolah.

“Hal mendasar lainnya dari AN ini adalah untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. AN dirancang tidak hanya sebagai pengganti UN, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan,” sebut Jamal Abdullah.

Suasanana ANBK SMKS Prima Karya Topoyo

Kacabdin Tinjau ANBK SMKS Keperawatan Al-Mubak Topoyo

Dia mengatakan, secara umum pelaksanaan hari pertama dan kedua ANBK untuk SMK berjalan lancar walaupun ada sedikit  kendala jaringan internet yang kurang maksimal.  Seperti di SMKN 1 Dapurang pelaksanaan ANBK  di sekolah itu juga terkendala dengan jaringan internet, dimana pelaksanaan sesi pertama dan kedua agak terlambat konek ke aplikasi . Jamal Abdullah  mengaku gembira  pelaksanaan ANBK SMK  berjalan lancar, dan para siswa mengerjakan soal-soal dengan santai tanpa rasa khawatir.

“Saya ucapakan terima kasih kepada para kepala sekolah dan para guru yang telah menjelaskan kepada siswa dan orang tua bahwa ANBK  ini untuk pemetaan semata. Semoga kondisi ini berlanjut kepada pelaksanaan ANBK SMA.

Dia mengingatkan, meski sebagai pengganti UN, namun, ANBK  sangat berbeda dengan UN , sehingga tidak perlu persiapan khusus dan tidak perlu khawatir. Meski begitu, meminta penerapan protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan selama  pelaksanaan ANBK.

“ANBK mencakup tiga komponen besar, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi,  Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Hasil akhir ANBK bertujuan untuk perbaikan mutu pembelajaran,” katanya.

Dia berharap,  pelaksanaan ANBK SMK di wilayah 2 dapat berjalan lancar tanpa kendala,  sehingga  siswa maupun gurunya dapat mengerti setiap soal/wacana yang disajikan.

Pelaksanaan ANBK SMKN2 Pasangkayu

Jumlah siswa mengikuti ANBK di SMK  sebanyak 45 siswa. Sedangkan jumlah  guru telah ditentukan dari Kemendikbud Ristek.”Para guru dalam menyelesaikan asesmennya dapat juga melalui handpone masing-masing,” jelas Kacabdin Wilayah 2. Sedangkan, setiap ruang ANBK. Sambung Jamal Abdullah,  diawasi pengawas dan teknisi sehingga siswa dapat menyelesaikannya dengan sebaik baiknya.

Post a Comment for "Hari Pertama ANBK SMK di Kabupaten Mateng dan Kabupaten Pasangkayu Agak Terkendala Jaringan Internet "