3 Siswa SMAN 1 Majene Lolos Lomba FIKSI 2021 Tingkat Nasional

 


cabdinbelajar.bogspot.com. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 memasuki pelaksanaan kali ke-6 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI sendiri merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan. Sasaran pelaksanaan FIKSI adalah siswa SMA/MA yang memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan.

FIKSI tahun 2021 bertujuan antara lain untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

Dikarenakan tahun ini, Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan FIKSI 2021 akan dilaksanak secara daring. Siswa diharapkan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada saat persiapan hingga pelaksanaannya.

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus mengembangkan dan melaksanakan ajang lomba kewirausahaan untuk siswa SMA/MA yaitu Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). FIKSI merupakan ajang lomba untuk mewadahi, mengapresiasi, serta menciptakan generasi muda yang mampu menjawab tantangan zaman, jeli melihat peluang, serta mampu memetakan mitra potensial dalam kolaborasi strategis wirausaha. Puncak pelaksanaan FIKSI adalah EXPO Virtual FIKSI yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 16 Oktober 2021.

Tahun ini 3 siswa SMAN 1 Majene ,  Husnul Khatimah Kaharuddin, Nurmifthah dan Rahmah Salam mewakili Sulawesi Barat dalam lomba FIKSI 2021 tingkat nasional. Dimana lomba yang ikuti bidang Budidya dan Lintas  Usaha demgan judul " PANGKEL" atau Pupuk Cangkang, Kerang, Daun Nangka dan Daun Kelor. Mereka akan bersaing dengan 19 peserta dari provinsi lain, 

FIKSI tahun ini melombakan 6 kategori bidang lomba yaitu : 
1. Bidang Aplikasi, Game, Video dan Animasi
2. Bidang Boga
3. Bidang Budidaya dan Lintas Usaha
4. Bidang Desain Grafis
5. Budidaya Fashion, dan
6. Budidaya dan Lintas Usaha

Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang memiliki semangat keberanian dalam menghadapi masa dengan dan cerdas memanfaatkan jejaring. Untuk itu tema FIKSI tahun 2021 adalah Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh.


Post a Comment for "3 Siswa SMAN 1 Majene Lolos Lomba FIKSI 2021 Tingkat Nasional"